Minggu, 05 September 2010

Senam Aerobik: Secuplik Sejarah

Semua pasti sudah pernah tahu senam aerobik, jadi penggemar atau sekedar mencoba bahkan mungkin cuma suka lihat Ibu-Ibu lagi senam (hayyoo ngaku he3x..). Tapi saya yakin tidak banyak yang tahu bagaimana senam aerobik hadir di tengah-tengah kita.
Semua berawal dengan ketidaksengajaan di tahun 1960-an dua orang berkebangsaan Amerika bernama Kenneth H. Cooper, M.D dan Col. Pauline Potts sedang meneliti tentang kekuatan otot yang luar biasa dan kinerja manusia untuk olahraga lari, jalan, renang dan bersepeda yang akhirnya terbitlah buku "Aerobics" di tahun 1968. Buku ini berisi rangkaian pedoman berolahraga yang memadukan unsur-unsur lari, jalan, sepeda dan renang, dan meledaklah buku ini menjadi best seller di era-nya karena kebutuhan peningkatan produktifitas, kesehatan tubuh yang memang sedang banyak diminati saat itu. Banyak yang menyebut buku ini sebagai dasar dari perkembangan aerobik modern saat ini, karena ulasan-ulasannya yang detil tentang dasar-dasar ilmiah gerakan aerobik.


berikut adalah foto dan beberapa buku terbaru Kenneth H. Cooper, M.D:

  • Start Strong, Finish Strong (2007)
  • Matters of the Heart: Adventures in Sports Medicine (2007)
  • Controlling Cholesterol the Natural Way Eat Your Way to Better Health With New Breakthrough Food
  • Discoveries (1999)
  • Regaining the Power of Youth at Any Age (1998)
dan masih banyak lagi buku-buku seputar kesehatan dan senam yang sepengetahuan penulis ada 27 terbitan, dan mungkin masih banyak lagi.

2 komentar:

  1. Salam Kenal gan
    terapi untuk bahasa aerobic sendiri berasal dari bahasa apa ya dan apa artinya?
    dan untuk tahun ini model baju senam apa yang paling diminati pecinta senam aerobic?
    makasih gan

    BalasHapus
  2. Salam Olahraga,
    oh iya saya mau bertanya, untuk pelopor senam pertamakali di Indonesia siapa dan pada tahun berapa ya? dan klo info mengenai model baju senam crystal terbaru or trend saat ini di mana ya? mhon infonya ya trims :)

    BalasHapus